Jumat, 13 Juli 2012

Makanan-Makanan Yang Memperbanyak Kandungan ASI


Selama ini, Ibu menyusui memang kerap mendapatkan masalah dalam produksi air susunya (ASI). PAra ibu-ibu kadang mengatasi hal tersebut dengan cara tradisional, yakni dengan mengonsumsi daun katuk. Tapi sebenarnya masih banyak lagi tanaman/tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ASI.


Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya produksi ASI seorang ibu, salah satunya stres. Kekurangan produksi ASI banyak menyebabkan ibu menyerah pada penggunaan susu formula.
Nah, berikut ini adalah untuk solusi para ibu yang mungkin kekurangan/kurang puas dengan produksi ASI-nya. Makanan-makanan berikut ini bisa memperbanyak kandungan ASI : 



1. Daun Katuk

Sudah menjadi tradisi yang turun-temurun bahwa ibu menyusui yang banyak mengonsumsi daun katuk, ASI-nya akan berlimpah dan kental.
Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.
Caranya : ambil daun katuk segenggam, boleh direbus, lalu diminum air rebusannya. Bisa juga dimakan mentah dijadikan lalapan.



2. Daun Mangkok

Salah satu penyebab tidak lancarnya ASI adalah terjadinya penyumbatan di saluran ASI. Daun mangkok dimemarkan, bisa ditambah parutan kunyit dan minyak kelapa, lalu ditempelkan secara menyeluruh di atas payudara. Lakukan sehari dua kali, sampai sembuh. 

3. Biji adas
Biji adas merupakan salah satu langkah cara herbal yang termudah untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Ibu biasanya menggunakan daun atau biji adas untuk keperluan memasak. Namun, biji adas dapat membantu memperlancar dan memperbanyak ASI.
Caranya : seduh dua sendok makan biji adas dalam satu gelas air panas.



4. Pare

Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang.

Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan antioksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan antikanker.
Caranya: Blender pare mentah dengan air, diminum setiap pagi atau malam satu hari sekali.

5. Kacang kedelai
Kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik tubuh. Konsumsi kacang kedelai yang mengandung phytoestrogen secara rutin pun dapat membantu ibu menyusui memiliki kelancaran dan berlimpah ASI yang diproduksi. 


Caranya : Ibu dapat mengonsumsinya dengan cara direbus lalu dimakan atau juga diblender dan ditambahkan air dijadikan susu kedelai.


Nah semoga informasi Makanan-Makanan Yang Memperbanyak Kandungan ASI diatas berguna dan bermanfaat bagi semuanya.. ;-)

1 komentar: